Kopi Luwak Asli
Home » » Kopi Luwak Asli

Kopi Luwak Asli

proses pembuatan kopi luwak asliKopi luwak merupakan seduhan kopi yang diproses melalui fermentasi perut binatang luwak, biji kopi yang masih bercampur dengan kotoran (prongkolan) ini yang lantas diyakini memiliki rasa istimewa, asli dan unik. Sekarang ini pembahasan kopi musang bukanlah suatu hal yang baru dan asing bagi rakyat indonesia, berbeda pada era tahun 2000 an belum begitu populer sehingga sedikit sekali informasi yang bisa didapatkan. Hewan luwak terlalu pintar dan cerdas sehingga bisa menciptakan rasa kopi yang benar benar istimewa, hal ini berdasarkan naluri dari hewan mamalia ini yang bisa memilih biji kopi terbaik yang benar benar sudah matang, ranum. Proses fermentasi pula menjadikan salah satu faktor penting untuk mengurangi kadar asam kopi.

Hukum & Kontroversi

Setelah boomingya kopi luwak indonesia sebagai kopi termahal dunia dengan rasa paling nikmat, maka lambat laun bermunculan kontroversi antara yang pro dan kontra pada masyarakat indonesia bahkan kian melebar hingga luar negri. Kontroversi yang pertama melejit adalah soal hukum konsumsi, bagaiman hukum minum kopi musang, apakah halal atau haram? mengingat mayoritas penduduk indonesia adalaha 90% umat muslim, maka hal ini menjadikan pertanyaan utama karena melihat proses pembuatannya yang kurang wajar. Polemik ini akhirnya usai setelah MUI (Majelis Ulama Indonesia) mengeluarkan fatwa resmi halal untuk mengkonsumsinya. Belakangan muncul kembali kontroversi terbaru versi majalah BBC yang mengklaim telah terjadi penyiksaan pada hewan luwak yang sangat tidak manusiawi, pernyataan ini tidak main main karena telah melakukan survei pada salah satu penangkaran binatang luwak di nanggroe Aceh Daussalam. Memang untuk menjadi the best dan populer terkadang harus menghadapi kontroversial dari para kompetitornya.

Cara Pembuatan

Memang agak sedikit kurang wajar dan unik jika melihat cara pembuatannya, karena biji kopi yang dihasilkan berasal dari kotoran luwak, secara umum proses pembuatan kopi luwak di setiap penangkaran sama saja kebanyakan menggunakan proses tradisioanl oleh para petani kopi dengan cara menangkar luwak dekat perkebunan kopi. Adapun langkah pembuatannya secara umum adalah sebagai berikut :
  1. Pemetikan biji kopi
  2. Penyortiran
  3. Pencucian untuk membersihkan (steril) buah kopi dari kotoran seperti debu dan pupuk yang menempel
  4. Penyajian yaitu memberikan biji kopi supaya dimakan luwak dengan jadwal waktu tertentu
  5. Panen adalah langkah terakhir sebagai proses pengumpulan biji kopi yang masih bercampur kotoran
Kelima langkah diatas mudah dipahami dan rutin dilakukan oleh para petani kopi di perkebunan pangalengan bandung, itulah proses sejati dengan cara tradisional untuk menghasilkan kopi luwak asli
Judul : Kopi Luwak Asli
Rating : 100% based on 9759 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Demansour Blog

Untuk layanan informasi dan pemesanan bisa hubungi kami di +62 87822489260 atau silahkan datang langsung ke Jl. Rama no. 42 Pajajaran Bandung.
Share this article :
 
Available for : Grounded beans ^ Roasted beans ^ Green beans ^ Raw beans
Copyright © 2013. Harga Kopi Luwak Asli - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger